Pertama kalinya saya mengikuti seleksi calon taruna politeknik ilmu pemasyarakatan pada tahun ini 2018. Sekolah idaman yang saya cita-citakan dan yang saya impikan yang harus saya perjuangkan agar saya dapat diterima. Tapi sayang tuhan berkhendak lain, nilai saya kurang 10 point dari Passing Grade yang ditentukan. Passing Grade tersebut untuk TWK 70, TIU 80, dan TWK 143. Untuk skore yang saya raih diantaranya TWK 70, TIU 70, dan TWK 160, untuk sistem penilaian diantaranya :
TWK = 5 Point untuk jawaban yang BENAR, dan 0 Point untuk jawaban yang SALAH.
TIU = 5 Point untuk jawaban yang BENAR, dan 0 Point untuk jawaban yang SALAH.
TKP = 1 s/d 5 Point untuk dari setiap jawaban, jadi yang paling tepat mendapatkan 5 Point.
Penilaian tidak ada dikurangkan, jadi saran saya lebih baik diisi dari pada dikosongkan. Untuk soal ada 100 dan diantaranya 30 TWK 35 TIU dan 35 TKP, dan waktu yang disediakan hanya 90menit. 1jam 30mnt.

Pertama :
- Mendaftar diportal sscndikdin.bkn.go.id pada tanggal 11 April 2018 s/d 31 April 2018.
- Upload semua persyaratan dokumen di catar.kemenkumham.go.id
Kedua :
- Verifikasi Dokumen Asli yang kita upload diwebsite catar kemenkumham dan pengukuran tinggi serta berat badan (untuk laki-laki min.165 dan untuk wanita min 155) serta pengambilan no.kartu peserta ujian.
Ketiga :
- Untuk test berbasis CAT dibagi menjadi beberapa sesi, kebetulan saya sesi 2.
- Menunggu giliran sesi 1 selesai, lalu giliran sesi 2.
- Kita melakukan absen pada tahap pertama sebelum memasuki keruangan testnya.
- Sesudah absen kita mengambil PIN registrasi.
- Lalu menuju tahap pemeriksaan, disana tidak diperbolehkan membawa apa pun kecuali kartu peserta dan KTP, untuk jam,pensil,tas,cincin,gelang,dll. tidak diperbolehkan. disini kalian nanti akan melewati 3x tahap pemeriksaan (Sangat ketat sekali ya :D)
- Sesudah melewati tahap pemeriksaan, kita akan menunggu semua peserta sesi ke 1 sudah keluar ruangan, lalu sesi ke 2 memasuki ruangan Auditiorium dilantai 2, peserta 350 orang per-sesi.
- Sesudah didalam ruangan, akan ada perkenalan,pemberitahuan,cara mengerjakan dan peraturan saat melakukan test tersebut.
- Jika sudah selesai mengerjakan nilai akan otomatis langsung keluar, disini kalian bukan nilai tertinggi (nilai yang digabungkan), tetapi nilai yang melalui Passing Grade akan lulus, percuma kalian nilainya tinggi tetapi jika ada salah satu yang tidak melewati Passing Grade kalian akan gagal/otomatis gugur walaupun kurang 1 point saja tetap gugur.

untuk tahap selanjutnya blm bisa saya berikan gambaran bagaimana dan seperti apa tahap-tahapan seleksinya, sukses selalu buat kalian semua, beruusaha tanpa berdoa akan sia-sia dan sebaliknya berdoa tanpa berusaha juga akan sia-sia. jika ingin bertanya bisa melalui salah satu dibawah ini :
Contact person Whats App only : 0813-8545-7981
Group Facebook : DISINI

0 Responses so far.

Post a Comment