PERTEMUAN 2
Membuat tampilan katalog buku
A. Mengedit Model M_perpus Pada model M_perpus, tambahkan fungsi untuk menyimpan detail
peminjaman, fungsi pencarian data berdasarkan ID, fungsi untuk mengosongkan data serta fungsi untuk membuat kode otomatis.

Pastikan XAMPP sudah dijalankan.
Buka Aplikasi pendukung seperti Atom,Notepad++,Sublime Text, dan sebagainya.
Buka Folder perpust
Pilih dan buka file M_Perpus.php berada difolder models -> M_Perpus.php
Lalu akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini :


Lalu tambahkan source code yang berada dimodul halaman 08 ke file M_perpus.php, dan akan menjadi seperti gambar dibawah ini :





Lalu save dengan tekan tombol CTRL/Control + S, secara bersamaan.

B. Edit Controller Welcome Jika pada halaman login sebelumnya kita menggunakan form login untuk masuk ke halaman admin, di sini kita akan edit halaman login agar bisa masuk ke halaman member atau anggota.

Tampilan sebelumnya :


Lalu kita tambahkan source code yang berada dimodul halaman 09 ke dalam file Welcome.php yang berada di Controllers -> Welcome.php, dan nanti hasilnya akan seperti ini :



Lalu jika ditampilan kalian sudah sama seperti ini, jangan lupa disave kembali agar tersimpan.

C. Membuat controller Member Silakan buat controller baru dengan nama Member.php, simpan pada localhost/perpust/application/controllers/Member.php, dan ketikkan kode program berikut: 
Kita harus membuat sebuah file baru dan berikan nama 'Member.php' didalam folder controllers, caranya kita buka folder controllers lalu buat file baru dan berikan nama Member.php, dan letakan source code yang ada dimodul 10, dan simpan. maka tampilannya akan seperti ini :


Dari controller member tersebut, fungsi index akan mengarahkan ke halaman viewdaftarbuku. Karena itu, langkah berikutnya kita akan membuat view-daftarbuku.php

D. Membuat view Daftar Buku Buatlah sebuah file baru dengan nama daftarbuku.php pada localhost/perpust/application/view/daftarbuku.php, ketikkan kode program berikut: 
Disini caranya sama seperti pada bagian C, hanya saja kita membuat file daftarbuku.php difolder views dan berikan nama daftarbuku.php, lalu letakan source code yang berada dimodul halaman 10 s/d 12, maka tampilannya akan seperti ini :




Dan jangan lupa disave kembali agar tersimpan. 
Pada file daftarbuku.php, terdapat pemanggilan file view-toplayout, oleh karena itu kita pun harus membuat file tersebut. File toplayout.php, berfungsi untuk menampilkan menu bar dan informasi cart peminjaman, dan menu logout, code pemanggilannya adalah yang ini :

<body>
 <div><?php $this->load->view('toplayout') ?></div>
 <?php if($this->session->flashdata())
 {

Kode biru diatas jangan ditambahkan karena kode tersebut hanya sebagai penjelasan.

Buatlah seuah file baru pada view dengan nama toplayout.php. berikan kode program berikut.
Untuk tahap ini langkahnya sama seperti kita membuat file daftarbuku.php, hanya saja kita membuat file baru yang diberikan nama toplayout.php, jadi kita buka folder views, lalu buat file baru dan berikan nama toplayout.php, lalu letakan source code yang berada dimodul halaman 12 paling bawah s/d 13, jika benar akan menampilkan seperti gambar dibawah ini :



Jika berhasil, maka hasil setelah kita login sebagai member adalah sebagai berikut:


Pembahasan materi pertemuan ke 2 sudah selesai sampai disini, jika kalian mengalami permasalahan error seperti gambar dibawah ini tetapi kalian sudah melakukan dengan benar dan mengikuti langkah langkah diatas, diharapkan bertanya ke dosen / asistent dosen (asdos) kalian masing-masing.

NB # Notice Board :
1. Untuk pertemuan selanjutnya (pertemuan ke - 3 ) hari jum'at (minggu depan) dengan mata perkuliahan Web Programming III akan diperiksa satu - satu untuk program pertemuan ke 2 ini yang sudah kalian buat.
2. Jika ada beberapa orang / seseorang yang tidak mengerjakan / belum selesai maka dianggap alpa / tidak hadir.

0 Responses so far.

Post a Comment